Minggu, 21 April 2019

STP PADA NESTLE MILO

Segmenting, Targeting, Positioning pada nestle milo



VALUE BASED MARKETING


DOSEN :
Muhammad Al Faruq Abdullah, MM

OLEH :
Fajar Kurniawan
Muhammad Zikri
Bagas Imanullah


UNIVERSITAS MERCU BUANA
MERUYA SELATAN
JAKARTA BARAT
 2019









Hasil gambar untuk MILO

       Nestle adalah produsen makanan terkemuka di dunia yang memasok lebih dari 10 juta produk makanan ke pasaran setiap tahunnya. “Good Food, Good Life ” adalah slogan Nestle yang menggambarkan bahwa Nestle berkomitmen menghasilkan makanan sehat, berkualitas, bergizi, bernutrisi tinggi, aman dikonsumsi demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik. PT.Nestle adalah perusahaan yang berkantor pusat di kota Vevey, Swis. Nama Nestle ini terinspirasi dari nama penggagasnya yakni Henri Nestle, seorang ahli Farmasi. Di Indonesia, PT. Nestle Indonesia didirikan pada tahun 1971. Salah satu produknya yang sangat laris adalah susu milo.

Segmenting
Adalah upaya memetakan pasar (sasaran program) dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.

Targeting
Setelah memetakan pasar (sasaran program), tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar.

Positioning
Apabila target pasar (sasaran program) sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya. Menurut Don E.Schwitz, positioning adalah bagaimana untuk meningkatkan sekaligus menempatkan produk yang kita buat terhadap pesaing kita dalam pikiran konsumen, dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi dan memenuhi keinginan konsumen dalam kategori tertentu.



     Milo adalah sebuah merek minuman susu dengan rasa cokelat dan malt. Minuman ini diproduksi oleh Nestlé, minuman ini sebenarnya berasal dari Australia namun saat ini sudah diproduksi di berbagai negara, termasuk SingapuraFilipinaSelandia BaruIndiaVietnamAfrika Selatan,JamaikaJepangCileThailandMalaysiaIndonesiaNigeriaKenyaSyria, dan Ghana. Nama Milo berasal dari Milo of Croton, seorang atlet Yunani yang terkenal.


 1.        Segmentasi pasar pada susu Dancow adalah :   

ØSegmentasi Geografis : Di Indonesia, Produk Dancow menyebar merata hampir di seluruh wilayah.
  
Ø  Segmentasi Demografis :   
Usia :
MILO 3+ untuk anak yang memasuki usia pra-sekolah
MILO 5+ untuk anak usia 5 tahun ke atas.
Bahkan ada pula yang diperuntukkan pada seluruh anggota keluarga.
Kelas Sosial :
Ditujukkan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah hingga menengah ke atas.
  
Ø  Segmentasi Psikografis :
MILO ditujukan untuk gaya hidup sehat bagi konsumen. Dengan asupan Nutrisi dan Gizi tinggi.

Ø  Segmentasi Perilaku :
MILO diposisikan sebagai susu yang kaya akan manfaat bagi seluruh konsumen secara khusus bagi anak-anak dalam usia pertumbuhan. Gizi dan Nutrisi tinggi yang terkandung di dalamnya sangat berguna bagi perkembangan otak dan fisik anak.

2.        Targeting pada MILO :
kalangan masyarakat luas. Khususnya anak muda, mulai dari pelajar, olahragawan, mahasiswa, dan pegawai kantor (eksekutif muda). Milo menjadikan kalangan muda sebagai salah satu target utama distribusinya karena kalangan muda dianggap memiliki sifat yang dinamis, penuh keceriaan, inovatif dan suka dengan hal-hal yang modern.

3.        Positioning pada MILO :

      Setelah memutuskan tujuan perusahaan dan strategi, Nestlé dapat menetapkan tujuan pemasaran untuk masing-masing produk, dalam hal ini produk individual yang Milo. Tujuan utama untuk Milo adalah untuk mempertahankan positionas yang nomor satu Malaysia menjual coklat merek minuman malt. Untuk mencapai hal ini, Nestlé telah mengembangkan strategi pemasaran yang akan memperhitungkan semua elemen dari bauran pemasaran. Ini akan melibatkan strategi individu untuk harga, pengembangan produk, promosi dan distribusi. Karena Nestle Milo adalah nama merek mapan, strategi ini harus fleksibel dan relevan dengan setiap generasi baru dari konsumen, tetapi pada saat yang sama, caremust besar diambil untuk tidak merusak persepsi dari produk dibangun selama puluhan tahun pemasaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar